Minggu, 11 Maret 2012

Tanya Jawab

Pertanyaan:

Bolehkan A menjual sepeda motornya kepada B senilai misal Rp 5 juta dengan syarat B menjual kembali sepeda motor tersebut kepada A dengan cara diangsur, misal dijual B ke A sebesar Rp 6 juta. A sanggup mengangsur selama 2 tahun.

Jawab:

Transaksi tersebut tidak boleh karena masuk dalam kategori jual beli 'inah, hukumnya riba, berarti haram. Sepeda motor hanya dipakai sebagai sarana untuk melipatgandakan uang yang dipinjamkan.

Pertanyaan:

A butuh uang Rp 5 juta, datang ke BMT pinjam uang dengan menggadaikan sepedamotornya. Karena A butuh sepeda motor tersebut untuk keperluan sehari-hari, dia minta agar bisa tetap memakai sepeda motor tersebut. BMT setuju memberi pinjaman Rp 5 juta kepada A dan diangsur selama 10 bulan. Oleh BMT sepeda motor tersebut dijadaikan sebagai barang gadaian, dan disewakan pada A dengan uang sewa Rp 3000/hari sampai pinjamannya lunas.

Jawab:

Transaksi di atas haram masuk kategori riba karena menerima lebihan dari pokok pinjaman yang diambilkan dari seolah-olah uang sepeda motor. Padahal, sepeda motor tersebut milik A sendiri. A harus membayar uang sewa untuk memakai sepeda motor miliknya. Barang gadaian tidak berpindah hak kepemilikan. BMT tidak boleh menyewakan sepeda motor kepada pemiliknya sendiri. Jika sepeda motor tersebut digadaikan ke BMT, maka BMT boleh meminta uang titipan sebesar nominal tertentu. Uang titipan tidak boleh diprosentasekan dengan pinjaman yang diberikan.

Solusi:

Alternatif 1: BMT membiayai pembelian emas untuk A seberat 10 gram (senilai +-Rp 5 juta). Kemudian A wajib mengembalikan emas dengan berat yang sama setelah 10 bulan atau jangka waktu yang disepakati. Emas tersebut oleh A dijual ke toko emas, sehingga A bisa memperoleh uang tunai untuk keperluannya. Pada saat jatuh tempo, A mengembalikan emas seberat 10 gram pada BMT. Catatan: BMT tidak boleh mensyaratkan agar emas tersebut dijual kembali padanya.

Alternatif 2: A menggadaikan salah satu asetnya ke BMT (Motor, emas, dll). BMT memberikan pinjaman Rp 5 juta dan menerima barang gadaian dari A. BMT menetapkan biaya titipan atas aset milik A yang digadaikan tersebut sebesar Rp 2 ribu per hari.


4 komentar:

  1. Jadi Solusinya bagaimana Mas untuk kejadiaan di atas? pake jual beli yang bagaimana supaya tidak Riba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya bisa pinjam meminjam emas atau gadai. Lihat uraian lbh lengkap pada posting tanya jawab

      Hapus
    2. Mas Kalo gadai Motor cukup BPKBnya disimpan atau dengan motornya juga disimpan dikoperasi?
      Saya salah satu pengurus Koperasi Syariah Al Barokah yg mengikuti pertemuan kemarin Di Sawangan Depok 18 Maret 2012. AJKK

      Hapus
    3. Kalau gadai motor ya motornya disimpan...yang digadaikan motornya atau BPKB-nya? Kalau yang digadaikan motornya..ya motornya yang disimpan..kalau yang digadaikan BPKB nya..ya BPKB nya yang disimpan..tp kalau mau lho ya..berapa nilai BPKB? Tentunya lebih bernilai motornya kalau dijual..krn BPKB kalau dijual ya tidak ada harganya mungkin.

      Hapus